Mau Beli Rumah di Bali yang Aman? Yuk Simak Tips Memilih Rumah Anti Banjir Berikut

Diposting pada 24 October 2022
Rumahbali.id

Rumah anti Banjir – Beli rumah harus pilih lokasi yang strategis. Hal tersebut akan membuat hidup bareng keluarga jadi lebih nyaman. 

Soalnya akses menuju fasilitas umum lebih dekat. Seperti menuju pusat perbelanjaan, perbankan, pusat pendidikan, dan pasar tradisional.

Di samping itu, jika beli rumah di Bali juga harus memilih lokasi yang dekat destinasi wisata. Pasti lebih senang karena mudah menjangkau destinasi wisata seperti pantai. 

Nah dibalik itu semua, hal yang fundamental adalah beli rumah yang aman. Termasuk aman dari hal-hal kriminal serta aman dari bencana banjir.

Dengan indikator lokasi rumah yang nyaman dan aman, beli rumah tidak bakal rugi. Rumah tetap tegak berdiri kokoh dalam jangka panjang. 

Buat Anda pemula yang mau beli rumah di Bali dan belum punya pengalaman beli rumah, sebaiknya baca tips beli rumah anti banjir di Bali berikut ini. 

Memilih Rumah yang Jauh dari Aliran Sungai

Hal fundamental pertama dalam memilih hunian yang jauh dari risiko banjir adalah memilih lokasi yang jauh dari aliran sungai. 

Memang sebagian orang suka menempati rumah dekat sungai. Apalagi sungainya bersih dan airnya mengalir tenang. 

Namun saat musim hujan dengan intensitas tinggi, air sungai bisa meluap dan mengalir lebih deras. Jadi dalam jangka panjang akan membahayakan rumah yang dekat dengan bantaran sungai.  Bisa-bisa saking meluapnya air sungai akan memunculkan banjir yang menggenangi rumah. 

Oleh karena itu, sebaiknya jangan ambil risiko. Soalnya rumah adalah hunian seumur hidup dan bisa diwariskan ke anak dan cucu. 

Bisa jadi sekarang rumah dekat sungai aman, namun belum tentu rasa aman itu tetap bertahan sampai generasi anak dan cucu. 

Memilih Rumah yang Lahannya Lebih Tinggi dari Jalan Raya

Saat Anda memutuskan untuk beli rumah di Bali, selalu pilih yang terbaik. Terutama yang dekat dengan fasilitas umum dan kemungkinan besar jauh dari bencana alam seperti banjir. 

Nah agar rumah aman dari genangan air saat musim hujan dengan intensitas tinggi, pilih hunian yang berdiri di atas lahan yang posisinya lebih tinggi dibanding jalan raya. 

Ya minimal lahan rumah tingginya 10 CM dibanding jalan raya. Hal ini akan membantu rumah aman dari genangan air saat musim hujan. 

Pilih Perumahan yang Punya Tata Kelola Lingkungan yang Bagus

Hal lain yang bisa ditempuh untuk mendapatkan rumah yang aman dari banjir adalah memilih rumah di kawasan perumahan yang tata kelola lingkungannya bagus. 

Developer menyediakan danau buatan untuk menampung air hujan. Hal itu bisa membuat kawasan perumahan aman dari banjir. 

Di sisi lain, pilih juga hunian yang lingkungannya memiliki sumur resapan. Jenis sumur yang mampu menanggulangi risiko banjir. 

Pasca hujan deras, air di lingkungan perumahan bisa langsung masuk ke sumur resapan. Alhasil, ketika hujan deras tidak perlu khawatir.  Lingkungan perumahan tetap aman dan bisa beraktivitas dengan santai tanpa rasa was-was. 

Dengan memilih hunian  yang lingkungannya bagus dan jauh dari sungai maka risiko hunian terkena bencana banjir akan kecil.

Hidup bareng keluarga akan lebih berkualitas. Di sisi lain beberapa material bangunan rumah pun lebih awet karena tidak pernah terendam air. 

Jadi rumah tetap kokoh dalam waktu yang panjang. Umurnya pun lebih panjang, sehingga ketika diwariskan tetap bagus kondisinya. 

Nah untuk pembelian rumah anti banjir di Bali, segera hubungi agen properti digital Bali Prime360. (AS)

imgWAchatYuk